Klik Me...

Featured Video

Senin, 01 Oktober 2012

Aplikasi Pendataan Dikdas 13 (Trik Mudah Menyimpan Data)


“Dik, gimana ini? Aplikasi pendataan dikdas kok data-dataku tidak tersimpan ya? sudah lembur berhari-hari buat masukin data, tapi kok gak terupdate semua ya data yang tak masukke? Itu gimana itu dek? Kok malah bikin mumet gini?” (pertanyaan yang bertumpuk-tumpuk dari Mas Wandaya dari SDN Jambeyan Sedan lewat telepon nomor keltomsel pagi yang cerah itu. xixixixi)
          Pernah mengalaminya jugakah anda semua? Menginput data untuk pendataan peserta didik lewat aplikasi pendataan dikdas, namun ketika anda save, ternyata tidak masuk ke dalam aplikasi. Kecewa? Jelas iya.. marah? Terkadang juga iya.. guonduk?? Ya iyalah pastinya. Sudah capek-capek input data, namun ternyata gak ada yang masuk ke dalam data base aplikasi. Nah, ternyata sebagai orang yang keren pun aku juga pernah mengalaminya. Waktu itu, input Data PTK yang memakan waktu lumayan lama, namun ketika di save, dan direfresh, ternyata.... ilang dabeh saudara-saudara. Emosi langsung memuncak.
          Namun karena makhluk seperti saia ini seringkali penasaran dengan hal-hal yang sangat tidak membuat penasaran, maka, sedikit demi sedikit aku coba pelajari tentang cara yang paling ampuh dalam men-save data yang sudah di input.
          Caranya simple aja kok. Pertama, seperti biasa, login ke Aplikasi Pendataan dikdas dengan menggunakan akun anda. (ingat, jangan menggunakan akun orang lain. Karena nantinya anda lmalah akan membuat suasana kacau. *terlalu didramatisir.)
Setelah itu, masuk ke halaman utama. Jika anda ingin menambahkan data peserta didik, maka klik tab “peserta didik”, namun jika anda ingin menambahkan data Pendidik dan Tenaga Kependidikan, mana anda klik menu PTK. (yang akan saia contohkan adalah penambahan PTK).

Seperti yang anda ketahui, untuk menambahkan PTK, anda tinggal klik “tambah PTK”, dan mulai masukkan data dari PTK yang bersangkutan. Ingat, kunci sukses kita dalam menyimpan data input ini terletak pada sering-sering pencet “simpan perubahan” dan “refresh”.






Sudah sering pencet simpan perubahan dan refresh kok masih saja ada data yang tidak tersimpan?? Begini triknya:
Masukkan data dari kiri, lalu berlanjutlah terus ke kanan. Jadi, jika dicontoh ini saia memberikan contoh tentang input data Seorang PTK bernama M. Fuad Shulkhan Tsania, maka, lengkapi dulu semua deret yang sejajar dengan M. Fuad Shulkhan Tsania. Jangan mengklik deret yang berada diatas ataupun dibawahnya dulu. Karena hal itu bisa menimbulkan kemungkinan untuk tidak tersimpannya data yang telah anda input. 


Jika anda selesai menginput data 1 baris penuh (cara menggeser layar aplikasi terletak pada scroll bagian bawah layar), maka anda tinggal memencet tombol “Simpan Perubahan” dan dilanjut dengan “refresh”. Dan lihat hasilnya, jika anda dalam mengisi data tersebut tidak memencet baris lain selain baris yang anda isi, bisa dipastikan, keberhasilan penyimpanan anda akan mencapai 100%. Dan, ini juga berlaku bagi pengisian peserta didik. Setiap selesai input data (per baris tanpa menyentuh baris yang lain), selalu lakukan Simpan Perubahan dan Refresh. Mudah kan?
Yups, cukuplah dulu untuk share kali ini. Semua orang pasti punya kelemahan dan kekurangan. Termasuk saia. hekhekhek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mungkin Anda Juga Harus Baca

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...